Motif Gerinda Dapat Jadi Popularitas di Indonesia

gerinda tangan

Gerinda Tangan – Soal popularitas airbrush di bodi kendaraan beroda empat, Indonesia boleh dibilang tak tertinggal sama Jepang atau Amerika. Melainkan, dalam kancah Tokyo Auto Salon 2009 (TAS) di Tokyo lalu, para artis memamerkan hasil kreasi mereka yang dapat dibuat teladan. Bukan tak mungkin hal itu pun jadi popularitas di Tanah Air tahun ini. Dari sekian banyak teladan yang dipajang, ada satu yang mengundang perhatian tertuju pada K-car.

Karyanya mirip seperti airbrush flame awam yang disemburkan di sebagian komponen bodi. Sesudah diperhatikan dari dekat, motifnya bagaikan bodi yang digerinda secara beraturan. Menariknya, efek-efek guratan sebagai hasil dari gerinda itu diekspos melalui cat candy yang sifatnya transparan. “Ini kerjaan rinci seorang airbrusher,” ujar Raya Irwansyah, pentolan bengkel cat Akasia. Menurutnya, teknik proses cat seperti ini amat susah, melainkan konsisten dapat dijalankan bengkel-bengkel di Tanah Air. “Dari sketsa kasar lantas pada bodi langsung disempurnakan oleh gerinda.

Untuk proses ulir ini dapat berbentuk apa saja,” terang Iwan soal teknik penggarapannya. Seperti pada K-car ini, menunjukkan motif jilatan api. Kemudian, tampilan itu diperkuat lagi melalui tumpukan warna hitam, kuning, juga oranye. Untuk mengeksposnya digunakan cat candy yang punya pigmen transparan yang kemudian disiram pernis. Efek permainan gerinda ini dapat jadi ide buat airbrusher Indonesia. Karena, berdasarkan Iwan, untuk aplikasi candy seperti ini tak butuh warna dasar atau base coat yang lazimnya gunakan warna dasar atau coat.

 

Baca Juga : Mesin Las